Inti dari .NET adalah NET Framework. Pertama kali dirilis pada tahun 2002, membawa perubahan besar bagi kehidupan orang-orang yang menulis perangkat lunak Windows dan orang-orang yang mengelolanya. Gambar 1-1 menunjukkan dua Framework bagian utama: CLR dan NET Kerangka library Class. Sebuah aplikasi .NET selalu menggunakan CLR, dan juga dapat menggunakan bagian apapun membutuhkan Class Library.

Gambar 1-1. NET Framework. Runtime (CLR) dan. NET Kerangka library Class.


Framework. NET adalah dasar untuk membuat aplikasi Windows

Setiap aplikasi yang ditulis menggunakan Kerangka tergantung pada CLR. Antara lain, CLR menyediakan seperangkat tipe data, bertindak sebagai dasar untuk C #, VB, dan semua bahasa lain yang menargetkan NET Framework.. Karena yayasan iniadalah sama tidak peduli bahasa yang mereka pilih,pengembang melihat lingkungan yang lebih konsisten.
CLR menyediakan dasar umum untuk semua bahasa .NET

Perspektif: Kerangka .NET vs Java Environment


Pengembangan perangkat lunak mainstream hari ini sebagian besar telah terpecah menjadi dua kubu. Microsoft, mempromosikan NET Framework, Berada di salah satu, sementara sebagian besar vendor lain mendukung lingkungan JAVA . Setiap teknologi memiliki penggemar dan pencela, dan masing-masing memiliki dasar.

Untuk melihat seberapa mirip, membandingkan gambar di atas dengan Gambar 1-1.Kedua lingkungan mendukung jenis aplikasi yang sama, dan keduanya menyediakan library standar besar untuk membantu membangun aplikasi tersebut. Library JAVA, sebagian besar yang sekarang dikenal sebagai Java 2 Enterprise Edition (J2EE atau hanya JEE) Java Server Pages meliputi (JSP) untuk Web scripting, Swing untuk membangun GUI, JAX-WS (sebelumnya JAX-RPC) untuk komunikasi servicesbased Web, Enterprise JavaBeans (EJB) untuk membangun aplikasi server terukur, JDBC untuk akses database, dan Class-Class lain. Teknologi ini analog dengan, NET Framework itu. ASP.NET Windows Forms, ASP.NET Web Services, Enterprise Services, dan ADO.NET, masing-masing. Mesin virtual Java juga banyak seperti NET Framework CLR itu., Dan bahkan semantik dari Bahasa Pemrograman dominan Microsoft C # dan VB vs Java yang cukup mirip.

Ada juga perbedaan, tentu saja. Satu perbedaan jelas antara keduanya adalah bahwa lingkungan Java berjalan pada sistem operasi yang beragam, sedangkan NET Framework. Berfokus pada Sistem Operasi Microsoft Windows. Trade-off di sini adalah jelas: Portabilitas adalah baik, tetapi mencegah integrasi yang erat dengan sistem satu, dan integrasi juga baik. Anda tidak dapat memiliki segalanya, setidaknya tidak semua pada waktu yang sama. Juga, produk berbasis Java tersedia dari beberapa vendor, sementara Microsoft hanya menyediakan NET Framework. JAVA berbeda vendor dapat memberikan ekstensi yang berbeda dengan spesifikasi inti, sehingga para pengembang agak terkunci ke satu vendor. Namun, portabilitas di seluruh platform Java berbeda adalah mungkin, sedangkan NET Framework. Jelas ikatan aplikasi Anda ke Microsoft.

kompetisi itu pada akhirnya menimbulkan hal yang baik. Kedua kamp memiliki ide bagus, dan masing-masing telah meminjam dari yang lain. Setelah satu teknologi benar-benar dominan, apakah NET Framework. Atau JAVA, akan menghasilkan monopoli melemahkan, sementara memiliki selusin pilihan yang layak akan mengakibatkan anarki. Dua pesaing kuat, masing-masing bekerja untuk mengalahkan yang lain, adalah tepat.

Aplikasi ditulis dalam bahasa . NET dapat menggunakan kode di Class Library Kerangka NET. Di antara teknologi yang paling penting yang disediakan di library ini adalah sebagai berikut:

ASP.NET: Class difokuskan pada pembangunan aplikasi browser diakses.

Windows Forms: Class untuk membangun antarmuka pengguna Windows grafis (GUI) dalam bahasa pemrograman berbasis CLR.

Layanan Web ASP.NET (juga disebut ASMX): Class untuk membuat aplikasi yang berkomunikasi dengan aplikasi lain yang menggunakan layanan Web.

Enterprise Service: Class yang menyediakan transaksi terdistribusi, kontrol objek misalnya, dan layanan lainnya yang berguna untuk membangun handal, aplikasi scalable.

ADO.NET: Class difokuskan pada mengakses data yang tersimpan dalam sistem manajemen database relasional (DBMS).

. NET Framework Class library menyediakan kode standar untuk fungsi-fungsi umum.

Karena ini deskripsi singkat menunjukkan, .NET Framework Class library dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis aplikasi. Dan karena semua layanan di library ini dibangun di CLR, aplikasi dapat menggabungkan mereka sesuai kebutuhan. Sebuah aplikasi browser yang dibuat menggunakan ASP.NET, misalnya, mungkin menggunakan ADO.NET untuk mengakses data yang tersimpan dan Layanan Enterprise untuk melakukan transaksi terdistribusi.


Software yang menggunakan NET Framework. (Dan dengan demikian bergantung pada CLR) disebut kode sebagai dikelola.Seperti Gambar 1-2 menunjukkan, aplikasi dapat dibangun semata-mata dari kode dikelola, mengandalkan sepenuhnya pada CLR dan bagian-bagian yang relevan dari library Class. NET Framework. Sebuah aplikasi juga dapat dibangun dari kombinasi kode dikelola dan kode unmanaged biasa, dengan dua berinteraksi diperlukan. Opsi kedua, ditampilkan pada sisi kanan gambar, sangat penting untuk aplikasi yang ada.Kebanyakan baru Windows aplikasi yang dibuat saat ini dibangun seluruhnya dalam kode dikelola, tetapi juga dapat berguna untuk memperpanjang pra-NET aplikasi dengan kode dikelola. Dan meskipun tidak ditunjukkan dalam gambar, itu masih mungkin untuk membuat aplikasi baru Windows sepenuhnya di unmanaged codeusing Framework. NET

Gambar 1.2




Referensi : Understanding .NET, Second Edition by.David Chappell
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Top