e-Mail Server Windows Server 2003
E-mail atau electronic mail merupakan layanan yang utama di Internet selain web. Microsoft Windows 2003 menyediakan services e-mail tanpa harus menggunakan software khusus seperti Microsoft Exchange maupun software pendukung lainnya.
E-mail services di Windows 2003 Server mendukung dua protokol yaitu POP3 dan SMTP. POP3 (Post Office Protocol Version 3) merupakan protocol yang digunakan untuk mengambil e-mail dari server yang bekerja di port TCP 110. Sedangkan SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan protocol yang digunakan untuk mengirim e-mail ke tujuan dan bekerja pada TCP 25.
Untuk mengirim e-mail ke suatu tujuan maka kita memerlukan e-mail Address, e-mail address sendiri mempunyai format sebagai berikut :

nama@domain, misalnya contoh@microsoft.com. User mengirim dan menerima e-mail menggunakan e-mail client misalnya Microsoft Outlook, Outlook Express atau program e-mail lain yang mendukung sistem operasi Microsoft Windows.

Konfigurasi e-Mail Server
Untuk menginstalasi e-mail Server pemakai harus menambahkan atau menginstal E-mail services dari Windows Component dengan cara memilih Add Remove Programs dari Control Panel. Setelah itu pilih E-mail Service dan tekan tombol Next. Setelah itu ikuti semua petujuk yang ditampilkan program.

Setelah komponen service tersebut diintalasi, selanjutnya harus dikonfigurasi agar service tersebut berfungsi. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan membuka POP3 Service Console dari Menu Start, kemudian klik Programs, klik Administrative Tools dan klik POP3 Service. Selanjutnya klik nama Server di jendela sebelah kanan, lalu klik New Domain. Anda isi nama domain, misalnya microsoft.com pada Window Add Domain dan klik OK. Lanjutkan dengan mengklik pada domain, misalnya microsoft.com dan di jendela sebelah kanan pilih menu Add Mailbox. Lalu isi Nama mailbox untuk user beserta passwordnya dan klik OK. Pada jendela tersebut terdapat dua mailbox yang bisa digunakan oleh user dalam hal ini pemakai bisa menambahkan mailbox yang lain jika diperlukan.Konfigurasi E-mail Client
Setelah mengkonfigurasi e-mail server, selanjutnya yang harus dikerjakan adalah mengkonfigurasi e-mail client. Langkah yang Anda lakukan adalah sebagai berikut: Pertama buka program Outlook Express (OE) yang terdapat pada menu Start, kemudian klik Programs atau bisa dengan mengetikkan msimn pada menu Start - Run. Setelah Anda melaksanakan pekerjaan tersebut jendela Outlook Express segera tampil di komputer Anda, kemudian Anda pilih menu Tools - Account, klik tab Mail, lanjutkan dengan mengklik tombol Add - Mail.

Pada jendela berikutnya masukkan nama lengkap User E-mail Anda, kemudian klik Next untuk melanjutkan. Isi e-mail address untuk user, kemudian klik lagi tombol Next. Isi Incoming mail server dan outgoing mail server sesuai dengan server Anda dan klik Next.

Isi account name sesuai dengan nama@domain dan passwordnya, lalu klik Next dan klik tombol Finish jika sudah selesai dan klik tombol OK. Setelah semuanya selesai Anda bisa menutup jendela Internet Account dengan mengklik tombol Close.

Back



by Createino
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 comments:

Post a Comment

 
Top